pejuang kehidupan : wadi gondrong

( kecheng )

ditengah kehidupan yang ruwet dan sulitnya lahan pekerjaan ini, kita perlu jiwa-jiwa yang ulet dan gigih dalam mempertahankan eksistensinya. salah satunya yang ada di ngori yaitu si wadi alias gondrong.

saat orang-orang mencari pekerjaan, wadi gak mau repot mengandalkan orang lain untuk kehidupannya. ia menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri. waahhh…itu kan butuh modal gedhe mas…,siapa bilang? tergantung dari sudut pandang dan bagaimana cita-cita kehidupan anda. jika mimpi anda menggantung tinggi di langit maka yang anda perlukan ya modal yang gedhe buat beli pesawat! tapi dengan cita-cita yang sederhana seperti wadi, yaitu asal mencukupi kebutuhan makan sehari-harinya, maka modalnya gak perlu gedhe.

ooo…kakehan nyecet, sampe lupa gak cerita bisnisnya.

si wadi bisnis bikin tas belanja ibu-ibu dengan bahan karung sak plastik yang biasa dipake wadah beras ataupun pupuk. tapi dia beli bahannya langsung dari grosir/pengrajinnya (memang pembuat sak namanya pengrajin ya? he..he.he..). sak setelah dari grosirnya itu di bersihkan dan kemudian dipotong sesuai dengan bentuk tas yang akan dibuat. setelah jadi ia sendiri juga yang mengedarkan ke pasar-pasar. menurut pengakuannya, pemasarannya sampe ke rembang, cepu dan blora. kok sampe jauh banget? iya tho..lha wong tas bikinannya itu awetnya ndak ketulungan, asal gak di bakar ya awet banget. jadi daerah ngori dan sekitarnya udah padha beli semua, jadi ya karena awetnya sampe pemasarannya harus mencari pangsa pasar yang belum pernah dijamah.

menurutnya lagi, pernah ada pedagang di blora atau rembang yang bersedia menampung berapapun tas yang dibikinnya dalam jumlah besar. terus diterima? maaf, modal yang ada kurang untuk memproduksi dalam skala besar. kok gak ngutang ke bank? walah…lha wong hidup tanpa utang aja udah nikmatnya gak ketulungan kok mo cari utangan.

jadi buat mbak-mbak, ibu-ibu, mas-mas dan bapak-bapak yang domisili di kota blora, rembang, ngawi, bojonegoro dan sekitarnya, kalo kebetulan ketemu anak muda umur 25 tahunan berbadan kurus berambut gondrong sebokong lagi jualan tas belanja dari sak di pasar, tanyakanlah apa ia berasal dari ngori. kalo benar, mungkin ialah wadi, pejuang kehidupan dari ngori.

Komentar ditutup.